KALSIUM KLORIDA

Cairan kalsium klorida (CaCl2) adalah senyawa ionik yang terdiri dari unsure kalsium (logam alkali tanah) dan klorin. Ia tidak berbau, tidak berwarna, solusi tidak beracun, yang digunakan secara ekstensif di berbagai industri dan aplikasi di seluruh dunia. Berlaku sebagai ion khalida yang khas dan padat pada suhu kamar.

Sebuah senyawa yang terjadi secara alami, Kalsium Klorida cair dapat ditemukan paling sering dalam air laut dan mata air mineral. Sebuah deposit alam besar air garam bawah tanah di Alberta utara telah memberikan Ward Chemical dengan kualitas konsentrasi tinggi statis kalsium klorida sejak tahun 1985, memungkinkan kita untuk menjadi salah satu produsen terbesar cairan kalsium klorida premium di Amerika Utara.

Kemampuan klorida kalsium untuk menyerap banyak cairan merupakan salah satu kualitas yang membuatnya begitu serbaguna. Misalnya, produk ini bekerja jauh lebih efisien daripada garam batu ketika datang ke kliring salju dan es dari trotoar, jalan, dan jalan raya. Hal ini terutama berlaku pada suhu yang lebih rendah. Ada beberapa kekurangan dengan aplikasi ini, karena ada beberapa bukti bahwa produk mungkin lebih berbahaya bagi hidup tanaman dari garam batu.

Banyak kolam menggunakan produk yang mengandung kalsium klorida, terutama di daerah di mana ada kalsium relatif sedikit ditemukan di dalam air. Penggunaan produk ini membantu meningkatkan kadar kalsium air, yang pada gilirannya meminimalkan potensi korosi pada pompa. Produk juga membatasi korosi dengan berbagai jenis peralatan kolam renang, serta kelengkapan kolam apapun yang dibuat dengan logam.

Kalsium klorida juga digunakan dalam sejumlah aplikasi lain. Misalnya, percikan produk pada jalan-jalan di iklim kering, khususnya padang pasir, dapat membantu untuk meminimalkan jumlah debu yang ditendang ke atas karena lalu lintas. Produk ini dapat digunakan untuk mengeringkan rumput laut , sehingga membantu dalam produksi soda ash . Hal ini dapat digunakan sebagai bahan dalam berbagai jenis produk plastik, serta membantu pelembut kain tipis cair.

Aplikasi umum meliputi air garam untuk pendingin tanaman, control es dan debu di jalan. Karena sifat higroskopisnya, kalsium klorida anhidrat harus disimpan dalam container kedap udara yang tertutup rapat.

Sifat-sifat

Kalsium klorida dapat berfungsi sebagai sumber ion kalsium dalam larutan, tidak seperti sebagai sumber ion kalsium dalam larutan, tidak seperti kebanyakan senyawa kalsium lainnya, kalsium klorida larut. Sifat ini berguna untuk menggantikan ion dari larutan. Sebagai contoh fosfat dipindahkan dari larutan oleh kalsium :

3 CaCl2 (aq) + 2 K3PO4 (aq) → Ca3(PO4)2 (s) + 6 KCl (aq)

Kalsium klorida cair dapat dielektrolisis untuk memberikan logam kalsium dan gas klor :

CaCl2 (l) → Ca (s) + Cl2 (g)

Kalsium klorida memiliki perubahan entalpi yang sangat tinggi dari solusi.

Garam anhidrat adalah deliquescent, yang dapat mengakumulasi air yang cukup di kisi Kristal untuk membentuk solusi.

Persiapan

Kalsium klorida dapat dihasilkan secara langsung dari batu kapur, tetapi dapat juga diproduksi dalam jumlah besar sebagai produk sampingan dari proses Solvay. Konsumsi Amerika utara pada tahun 2002 adalah 1.687.000 ton (£ 3700000000). Dow chemical, sebuah perusahaan manufaktur di Michigan, rumah-rumah sekitar 35% dari kapasitas produksi total kalsium klorida AS .

Kalsium klorida dibuat dari campuran antara Larutan asam klorida dengan kalsium hidroksida dengan reaksi sebagai berikut.

Ca(OH)2 + HCl à CaCl2 + H20

Juga dapat dibuat dari kalsium karbonat dan asam klorida

CaCO3 + HCl à CaCl2 + H2CO3

Selain menjadi solvay oleh produk, CaCl2 juga diperolah dari air asin alami (terutama di Michigan). Air asin yang khas berisi 14% NaCl, 9% CaCl2 dan 3% MgCl2. Presipitat NaCl dievaporasi. Magnesium klorida ditambahkan kapur untuk mengendapkan magnesium hidroksida.

MgCl2 + Ca(OH)2
à Mg(OH)2 + CaCl2

 

Kejadian

Kalsium klorida terjadi sebagai evaporasi mineral langka (dihidrat) dan antarcitite (hexahydrate). Sebuah chlorocalcite mineral terkait (kalium klorida kalsium, KCaC13) juga sangat jarang.

Kegunaan

Fungsi CaCl2, antara lain sebagai pelebur es di jalan raya pada musim dingin, untuk menurunkan titik beku pada mesin pendingin, sebagai pengenyal dan pengawet makanan

Kalsium klorida digunakan untuk de-icing dan pengeringan dalam industri seperti baja, kaca dan semen.

Penggunaan Kalsium Klorida

Pelebur es di jalan raya

40 %

Kontrol debu jalan

20

Proses industry

20

Sumur minyak dan gas

10

Beton

5

Bermacam-macam

5

 

Sejumlah besar kalsium klorida digunakan pada jalan untuk mengendalikan debu di musim panas dan meleburkan es di musim dingin. Pengendalian debu menggunakan persentase yang mencakup beberapa untuk stabilisasi dasar jalan. Kalsium klorida kurang korosif terhadapa beton daripada natrium klorida

Pengering
Pengeringan tabung sering dikemas dengan kalsium klorida. Kelp yang sudah dikeringkan dengan kalsium klorida untuk digunakan menghasilkan karbon natrium. Manambahkan kalsium klorida padat menghapus air terlarut. Kalsium klorida juga digunakan dalam produk seperti DampRid yang diiklankan sebagai penyerap kelembaban udara. Kalsium klorida anhidrat telah disetujui oleh FDA sebagai bantuan dalam kemasan untuk memastikan kekeringan (CPG 7.117,02).

Sifat higroskopis ini juga diterapkan untuk menjaga lapisan cairan pada permukaan jalan yang berdebu.

De-icing dan Penekanan Titik Beku

Dengan menekan titik beku, kalsium klorida digunakan untuk mencegah terbentuknya es dan meleburkan es. Hal ini sangat berguna pada permukaan jalan. Tidak seperti natrium klorida yang lebih umum digunakan, kalsium klorida relative tidak berbahaya untuk tanaman dan tanah, namun pengamatan terakhir di Negara bagian Washington menyarankan kemungkinan kalsium klorida sangat keras terhadap pohon cemara di pinggir jalan.

CaCl2 juga lebih efektif pada suhu yang lebih rendah daripada natrium klorida.  Solusi kalsium klorida dapat mencegah pembekuan pada suhu serendah -52 °C (-62oF), sehingga ideal untuk pertanian menerapkan ban sebagai pemberat cair, membantu traksi di daerah beriklim dingin.

Sumber ion kalsium

Kalsium klorida digunakan untuk meningkatkan kekerasan di kolam renang. Hal ini akan mengurangi erosi beton di kolam renang. Denga prinsip Le Chatelier dan efek ion umum, meningkatkan kalsium dalam air akan mengurangi pembubaran senyawa penting kalsium untuk struktur beton.

Dalam akuarium laut, kalsium klorida ditambahkan kalsium karbonat yang bioavailable untuk hewan seperti moluska dan cnidaria. Kalsium hidroksida (kalkwasser mix) atau reactor kalsium dapat digunakan untuk memperkenalkan kalsium, bagaimanapun penambahan kalsium klorida adalah metode tercepat dan berdampak minimal terhadap pH.

Makanan

Sebagai bahan, kalsium klorida terdaftar sebagai makanan aditif yang diizinkan di Uni eropa untuk digunakan sebagai sequestrant dan agen pengencangan dengan nomor E509 E dan dianggap aman (GRAS) oleh Food and Drug Administration. Rata-rata konsumsi kalsium klorida sebagai bahan tambahan pangan telah diperkirakan 160-345 mg / hari untuk individu.

Sebagai agen firming, kalsium klorida digunakan dalam sayuran kalengan, dalam firming dadih kacang kedelai menjadi tahu dan dalam memproduksi pengganti kaviar dari jus sayuran atau buah. Ia biasanya digunakan sebagai elektrolit dalam minuman olahraga dan minuman lainnya termasuk Smartwater dan Nestle kemasan. Rasa sangat asin kalsium klorida juga digunakan untuk acar dan tidak meningkatkan kandungan natrium makanan itu. Sifat titik beku kalsium klorida ditekan dan digunakan misalnya di bar Cadbury Caramik untuk menghambat pembekuan caramel.

Dalam bir, kalsium klorida kadang-kadang digunakan untuk memperbaiki kekurangan mineral dalam pembuatan bir. Ini mempengaruhi rasa dan reaksi kimia selama proses pembuatan bir dan juga dapat mempengaruhi ragi selama fermentasi.

Kalsium klorida kadang-kadang ditambahkan ke dalam susu olahan untuk mengembalikan keseimbangan keseimbangan alami antara kalsium dan protein dalam kesin untuk pembuatan keju seperti brie, Pélardon dan Stilton.

Medis

Kalsium klorida dapat disuntikkan sebagai terapi intravena untuk pengobatan hipokalsemia. Ia digunakan untuk gigitan atau sengatan serangga, reaksi sensitivitas, terutama ketika ditandai dengan urtikaria, keracunan magnesium, sebagai bantuan dalam pengelolaan gejala kolik akut dalam dalam memimpin pada resusitasi jantung,, terutama setelah operasi jantung terbuka. Parenteral kalsium dapat digunakan ketika epinephrine telah gagal untuk memperbaiki kontraksi miokard lemah atau tidak efektif.

Kalsium  klorida  injeksi mungkin  memusuhi toksisitas jantung  yang diukur dengan elektrokardiogram. Ia dapat membantu untuk melindungi miokardium dari tingkat kalium serum yang sangat tinggi pada hiperkalemia. Kalsium klorida juga dapat digunakan untuk pengobatan keracunan pemblokira saluran kalsium dari efek samping obat-obatan seperti Cardizem- membantu menghindari potensial serangan jantung.

Pengeboran Minyak

Ketika pengeboran minyak, penting untuk membuang air dari lumpur yang berbasis minyak untuk mendapatkan stabilitas lubang bor. Kalsium klorida mempromosikan aktivitas seimbang, misalnya persamaan air dalam lumpur minyak berbasis dengan shale tersebut.

Hal ini umum saat pengeboran minyak untuk menghadapi diformasi air. Insinyur melalukan pengeboran menggunakan bahan kimia seperti CaCl2 karena memberikan mereka fleksibilitas lebih dalam perumusan lumpur sehubungan dengan shale jenis tertentu. Sealnjutnya, menghilangkan air selama fase internal berarti bahwa susunan ion itu diserap oleh system akan sama seperti yang dilakukan oleh pembentukan lumpur.

Lainnya

Kalsium klorida digunakan dalam campuran beton untuk membantu mempercepat pengaturan awal, tetapi ion klorida mengakibatkan korosi baja, sehingga tidak boleh digunakan dalam tulang beton. Bentuk anhidrat kalsium klorida dapat juga digunakan untuk  tujuan ini dan dapat memberikan ukuran kelembaban dalam beton.

Kalsium klorida disertakan sebagai aditif dalam plastik dan pemadam kebakaran, dalam pengolahan air limbah sebagai bantuan drainase, di tanur tiup sebagai aditif untuk mengontrol perancah (penggumpalan dan adhesi bahan yang mencegah muatan tanur dari descending), dan pelembut kain sebagai tipis. Pembubaran eksotermik kalsium klorida digunakan dalam kaleng pemanasan-sendiri.

Toksikologi

Kalsium klorida dapat bertindak sebagai iritan oleh desiccating kulit lembab. Kalsium klorida padat larut secara eksotermikal dan dapat menyebabkan luka bakar pada mulut dan kerongkongan jika kalsium klorida ditelan.

Mengkonsumsi solusi terkonsentrasi atau produk kalsium dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal atau ulserasi.

Perdebatan tentang yang lebih buruk terhadap lingkungan kehidupan tanaman local karena tinggiya konsentrasi garam masih harus diselesaikan. Pencairan es di rumah-pasar telah berkembang baru-baru ini.
Pemerintah daerah juga menggunakan kalsium klorida

Pesaing kalsium klorida baru-baru ini di pasaran adalah kalsium magnesium asetat, yang dibuat oleh magnesium yang mengandung kapur dan asam asetat. Garam ini terbukti bias menjadi alternative non-korosif terhadap klorida.

Kalsium klorida digunakan untuk beberapa pendingin industri. Kalsium klorida jenuh tidak membeku sampai – 50oC sedangkan natrium klorida jenuh memiliki titik beku -20oC.

Kalsium khlorida merupakan garam kalsium yang mempunyai sifat larut dalam air. Kalsium Klorida banyak digunakan untuk memperbaiki tekstur pada produk olahan buah dan sayur juga dapat dipergunakan untuk tekstur keripik, karena dapat menurunkan penguraian sel-sel yang menyebabkan pelunakan jaringan.

Bentuk-bentuk CaCl2

CaCl2 digunakan oleh banyak konsumen dan produksi industrial. CaCl2 ada dalam berbagai bentuk dan dalam berbagai konsentrasi. Beberapa bentuknya adalah serpih,pelet, bubuk dan kerikil. Setiap bentuk bergantung dari penggunaanya. Misalnya, serpih CaCl2 dan pellet digunakan untuk de-icing jalan dan jalan raya selama musim dingin. Merea efektif untuk tujuan ini karena memiliki kandungan air yang lebih banyak dan kurang kalsium. Es meleleh di tingkat yang lebih cepat daripada de-icer yang lain.

Kalsium klorida Pelet

Kalsium klorida pellet adalah kalsium klorida berbentuk lingkaran dan merupakan salah satu dari banyak bentuk kalsium klorida.

CaCl2 pelet sangat berguna dalam pencairan es dan salju agar cepat mencair. Mereka umunya diguanakn oleh pemilik took di trotoar kota di depan perusahaan mereka. Masing-masing pemilik rumah lebih suka untuk melelehkan es dan salju menggunakan ini karena relative tidak berbahaya bagi kehidupan tanaman dan tanah. Ia juga bekerja lebih baik dalam suhu digin dari de- icer umumnya,garam batu.

Mengapa pelet CaCl2 sangat efektif dalam pencairan es? Mereka memancarkan panas kedua dan melakukan kontak dengan es dan atau salju. Bentuk bulat cepat memotong es, di temperature es serendah 25 derajat di bawah nol. Karena kecepatan yang mereka dalam menanggung es, pengguna dapat mengeluarkan sampai 75% kurang per aplikasi dibandingkan dengan salju lainnya dan produk es mencair. Satu keuntungan khususnya dihargai oleh pengguna adalah bahwa tidak ada sisa residu tepung tertinggal.

Kalsium Klorida Cair

Kalsium Klorida cair tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mudah terbakar. Kalsium klorida dalam dalam bentuk cair
merupakan solusi larut yang sangat higroskopis yang juga eksotermik. Kemampuan untuk menarik kelembaban dari sekitarnya, menahan penguapan, dan panas rilis pada reaksi kimia membuat substansi yang sempurna untuk pembangunan jalan dan pemeliharaan, termasuk pengendalian es dan debu dan stabilisasi dasar.

Kalsium  klorida cair digunakan dalam transformasi genetic sel dengan meningkatkan permeabilitas membrane sel, merangsang kompetensi untuk penyerapan DNA (memungkinkan fragmen DNA masuk ke dalam sel lebih mudah).

DAFTAR PUSTAKA

 

Anonim, 2010. Calcium Chloride. http://en.wikipedia.org/wiki/Calcium_chloride. diakses tanggal 8 Januari 2011.

Anonim, 2010. Kalsium Klorida. http://naynienay.wordpress.com/2010/03/04/kalsium-klorida/. Diakses tanggal 8 Januari 2011.

 

Malcolm, 2011. What is calcium chloride ?. http://www.wisegeek.com/what-is-calcium-chloride.htm

 

 

Sari, C.I., 2005. Pembuatan Keripik Pepaya (Carica papaya L.) Dengan Vacuum Frying (Kajian Oleh Varietas Pepaya Dan Pengaruh Perendaman Dalam Berbagai Konsentrasi Kalsium Klorida (Cacl2) Terhadap Sifat Fisika-Kimia Dan Organoleptik. Department of Agroindustry.

 

Ward chemical, 2006. CaCl2 : An Overview. http://www.cacl2.org/. diakses tanggal 8 Januari 2011.

Ward chemical, 2006. Calcium chloride. http://www.wardchem.com/. Diakses tanggal 8 Januari 2011.

 

Ward chemical, 2007. Calcium Chloride (CaCl2)–A Valuable Natural Resource. http://www.wardchem.com/calcium-chloride.htm. diakses tanggal 8 januari 2011.

 

About these ads

About tuwiitii

mahasiswa kimia yang mencoba berbagi ilmu
This entry was posted in kimia industri and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s