MINYAK PELUMAS YANG DIPRODUKSI PERTAMINA

  1. FASTRON FULLY SYNTHETIC

Fastron fully synthetic adalah pelumas mesin kendaraan bensin bermutu tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar full synthetic Polyalphaolefin atau yang lebih dikenal dengan PAO, sehingga pelumas ini sangat unggul dikelasnya.

 

Fastron fully synthetic dengan kekentalan sae 0w-50, memenuhih tingkatan mutu API service kategori SM yang merupakan tingkatan mutu tertinggi saat ini.

 

Fastron fully synthetic direkomendasikan untuk kendaraan modern dengan teknologi terkini dari pabrikan-pabrikan mobil terkemuka, yang beroperasi pada kondisi ekstrim dan membutuhkan pelumas dengan kualitas unggulan dan tepat untuk kegiatan balap mobil dan racing yang ekstrim

 

Fastron synthetic memiliki keunggulan-keunggulan:

 

  • Kekentalan ganda yang sangat stabil sehingga mesin dapat memberikan kinerja optimal selama start up dan operasi pada suhu tinggi.

     

  • Ketahanan yang sangat tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memperpanjang umur pemakaian pelumas.

     

  • Tingkat penguapan yang rendah sehingga pemakaian pelumas akan lebih irit.

     

  • Mencegah pembentukan deposit pada piston sehingga mesin tetap handal.

     

  • Menjaga kebersihan mesin sehingga mesin beroperasi secara optimal.

     

  • Memberikan perlindungan maksimal dari keausan dan kontaminan lain.

     

     

     

  1. PERTAMINA SYNTHETIC ATF

Pertamina synthetic atf adalah minyak transmisi otomatis multifungsi bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar sintetis dan aditif pilihan.

 

Dekripsi Produk

  • PERTAMINA Synthetic ATF adalah minyak transmisi otomatis multifungsi bermutu tinggi yang diformulasikan dari bahan dasar sintetis dan aditif pilihan. Cocok digunakan untuk transmisi otomatik pada semua jenis kendaraan, sistem hidrolik dan mesin industri.

     

Spesifikasi

PERTAMINA Synthetic ATF memenuhi performance level :

 

  • General Motor Dexron®-III

     

  • Ford Mercon®

     

  • Allison C-4

     

  • Cat

    erpillar TO-2

     

Keunggulan

 

Memberikan perlindungan optimum terhadap keausan, korosi, deposit pada gearbox automatic, perpindahan gigi lebih halus tanpa hentakan, friksi lebih stabil dan masa pakai lebih lama, mencegah pembentukan lendir dan lumpur.

 

Rekomendasi Pemakaian

 

Dapat digunakan untuk berbagai jenis aplikasi transmisi otomatik kendaraan General Motor, Ford, Detroit Diesel, dan kendaraan buatan Jepang, Korea dan negara lainnya. Cocok juga digunakakn untuk aplikasi pada power steering dan sistim hidrolik otomotif, peralatan konstruksi dan perkebunan.

 

 

 

  1. FASTRON SYNTHETIC OIL SAE 10W – 40

Fastron synthetic oil adalah pelumas mesin kendaraan bermutu tinggi yang diformulasikan khusus dari bahan dasar base oil synthetic dengan tingkat unjuk kerja melampaui persyaratan API SL.

 

Fastron synthetic dengan kekentalan SAE 10W-40, melampaui tingkatan mutu API service kategori SL/CF, ACEA A3/B3, MB 229.1, dan VW 502/505.

 

PENGGUNAAN

Direkomendasikan untuk kendaraan modern dari semua pabrikan mobil terkemuka, yang beroperasi pada kondisi ekstrim.

 

KEUNGGULAN

Fastron synthetic memiliki keunggulan-keunggulan:

 

  • Kekentalan ganda yang sangat stabil sehingga mesin dapat memberikan kinerja optimal selama start up dan operasi pada suhu tinggi.

     

  • Ketahanan yang sangat tinggi terhadap oksidasi dan panas sehingga mampu memperpanjang umur pemakaian pelumas.

     

  • Tingkat penguapan yang rendah sehingga pemakaian pelumas akan lebih irit.

     

  • Mencegah pembentukan deposit pada piston sehingga mesin tetap handal.

     

  • Menjaga kebersihan mesin sehingga mesin beroperasi secara optimal.

     

  • Memberikan perlindungan maksimal dari keausan dan kontaminan lain.

     

  • Meningkatkan akselerasi mobil

     

 

  1. FASTRON SAE 20W – 50 dan SAE 10W-40 (SEMI SYNTHETIC MULTIGRADE LUBRICANT)

Fastron adalah minyak lumas mesin kendaraan dengan bahan dasar semi synthetic berkualitas tinggi dengan kekentalan ganda (multigrade) sehingga pelumas mudah bersirkulasi pada temperatur rendah dan memberikan perlindungan optimal terhadap keausan komponen mesin pada suhu dan kecepatan tinggi.

 

Penggunaan

FASTRON SAE 20W-50 dan SAE 10W-40 direkomendasikan untuk kendaraan mesin bensin modern yang dilengkapi dengan sistem Direct Injection dan multikatup. FASTRON SAE 20W-50 dan SAE 10W-40 dapat juga digunakan pada kendaraan mesin diesel tugas sedang.

 

Kehandalan pelumas ini ditunjukkan dengan kemampuan kerjanya yang telah mendapat approval dari API service kategori SJ (API Donut) untuk FASTRON SAE 20W-50, selain itu memenuhi standar Eropa ACEA G5/PD-2 dan VW 501.01/505.00

 

FASTRON DIESEL SAE 15W-40 direkomendasikan untuk kendaraan mesin diesel modern putaran tinggi khususnya untuk mesin diesel system Direct Injection dengan gas buang rendah emisi. FASTRON DIESEL SAE 15W-40 dapat juga digunakan pada kendaraan mesin bensin.

 

Kehandalan pelumas FASTRON DIESEL SAE 15W-40 telah memenuhi tingkatan mutu API CH-4 dan juga memenuhi persyaratan untuk tingkatan mutu API CF, ACEA A2-98/B2-98 dan MB 226.1.

 

KEUNGGULAN

  • Memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi.

     

  • Memberikan perlindungan yang efektif terhadap piston dari pembentukan deposit.

     

  • Melindungi mesin dari keausan.

     

  • Memiliki stabilitas oksidasi yang baik.

     

     

     

     

     

  1. PRIMA XP SAE 20W – 50

PRIMA XP SAE 20W-50 adalah pelumas mesin bensin yang diformulasikan dari bahan dasar pilihan berkualitas tinggi dari jenis HVI dengan aditif hasil teknologi mutakhir dalam jumlah, jenis dan komposisi yang optimal, antara lain detergent dipersant, anti oksidasi, anti aus serta (VII) Viscosity Index Improper yang kesemuanya mampu memberikan perlindungan yang maksimal terhadap bagian-bagian mesin yang dilumasi.

 

PRIMA XP SAE 20W-50 memiliki keunggulan utama yaitu mempunyai kekentalan ganda (multigrade), mantap pada suhu tinggi dan rendah sehingga pelumas ini mudah dihidupkan pada waktu suhu rendah serta tetap mempunyai kekentalan yang sesuai untuk pelumasan pada suhu dan kecepatan tinggi.

 

Formula pelumas ini dikembangkan khusus untuk memberikan perlindungan terhadap pembentukan endapan dan mempunyai ketahanan terhadap degradasi serta mempunyai karakteristik tingkat penguapan yang sangat kecil sehingga konsumsi pelumasnya lebih hemat.

 

PRIMA XP SAE 20W-50 merupakan generasi pelumas terbaru sebagai upaya peningkatan kualitas pelumas Mesran Prima generasi sebelumnya. Pelumas ini diakui (approved) dan memperoleh sertifikat dari The American Petroleum Institute (API) Engine Oil Licensing and Certification System (EOLCS).

 

KEMAMPUAN KERJA

Kehandalan pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 ini ditunjukkan dengan kemampuan kerjanya yang telah memenuhi persyaratan API Service Classification tertinggi saat ini SJ/CD, CCMC (ACEA) G5/PD2, VW 501.01/505.00.

 

PENGGUNAAN

Pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 ini direkomendasikan untuk digunakan pada mesin kendaraan terbaru dengan baha n bakar mesin. Kendaraan-kendaraan terbaru masa kini dengan multi katup yang dilengkapi sistem DOHC atau Twin Cam merupakan pengguna yang sesuai, sehingga pelumas ini mampu memenuhi tuntutan yang ekstrim pada kegiatan balap mobil maupun rally yang memerlukan pelumas dengan performance level API Service SJ/CF, CCMC (ACEA) G5/PD2 atau VW 501.01/505.00.

 

Pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 dapat juga digunakan pada kendaraan bensin yang mensyaratkan API Service SH dan sebelumnya. Pelumas PRIMA XP SAE 20W-50 cocok juga digunakan untuk kendaraan mesin diesel tugas sedang.

 

 

  1. MESRAN SUPER SAE 20W-50

MESRAN SUPER SAE 20W-50

adalah pelumas mesin bensin yang diproduksi dari bahan dasar pelumas berkualitas tinggi. Mengandung aditif detergent dispersant, anti oksidasi, anti aus dan mempunyai sifat-sifat melindungi dan memelihara kebersihan torak, mencegah terbentuknya sludge (endapan lumpur), mampu mengurangi keausan pada bagian-bagian yang bergerak terutama pada katup dengan baik. Pelumas Mesran Super SAE 20W-50 mengandung bahan aditif khusus sehingga memiliki kekentalan ganda (multigrade), menjadikan pelumas ini mudah bersirkulasi. Mesin mudah dihidupkan pada waktu mesin dingin dan suhu rendah serta tetap mempunyai kekentalan yang mantap saat pengoperasian pada suhu dan kecepatan tinggi.

 

KEMAMPUAN KERJA

Keistimewaan MESRAN SUPER SAE 20W-50 ini ditunjukkan dengan performance levelnya yang telah memenuhi persyaratan API Service SG/CD. Oleh karena itu tidak perlu tambahan aditif.

 

PENGGUNAAN

Pelumas MESRAN SUPER 20W-50 ini dianjurkan dipakai pada mesin kendaraan dan motor yang diproduksi dalam tahun 80an yang membutuhkan pelumas dengan kualifikasi performansi yang tinggi.

 

  1. MESRAN SAE 10W, 20W, 30, 40, 50

Pelumas ini terutama dianjurkan untuk melumasi mesin kendaraan yang mempergunakan bahan bakar bensin dan menghendaki pelumasan yang sempurna. Pelumas ini adalah dari jenis tugas berat dan bermutu tinggi, mengandung detergent-dispersant additive, sehingga pelumas ini dapat mengurangi pengotoran pada bagian dalam dari mesin, juga mengandung aditif: anti oksidasi, anti karat, anti aus dan anti busa. Minyak lumas ini diformulasikan dari bahan dasar yang memiliki viscosity index tinggi.

 

KEMAMPUAN KERJA

MESRAN memenuhi persyaratan API Service Classification SE/CC, sehingga tidak perlu tambahan aditif lagi.

 

PENGGUNAAN

MESRAN sangat sesuai untuk pelumasan mesin bensin kendaraan yang mensyaratkan kinerja API Service SE/CC, Ford ESE M2C-153A, GM 6136 M, MIL-L-46152 and CCMC. Oleh karena itu tidak perlu ditambah aditif lagi.

 

About tuwiitii

mahasiswa kimia yang mencoba berbagi ilmu
This entry was posted in kimia industri and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s